10 Desa Krisis Air Bersih

Sumber:Indopos - 05 Desember 2007
Kategori:Air Minum
GRESIK - Warga sepuluh desa di Kecamatan Sidayu mengalami krisis air bersih dalam satu bulan terakhir. Gara-garanya, telaga tempat warga mengambil air, Telaga Rambit, hampir kering. Sisa airnya pun asin dan kekuningan.

Sepuluh desa itu ialah Desa Srowo, Sedagaran, Purwodadi, Penghulu, Mriyunan, Sidomulyo, Bunderan, Raci Tengah, Ngawen, dan Raci Kulon. Telaga Rambit berada di Desa Purwodadi. Selama ini, telaga tersebut jadi satu-satunya andalan warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Sebab, air sumur mereka tidak layak minum. Instalasi PDAM Gresik juga belum masuk.

"Air Telaga Rambit kuning dan amis," kata Tono, warga Desa Ngawen. Meski beberapa hari terakhir turun hujan, kondisi air tidak berubah. "Kami nekat pakai air untuk masak nasi saja. Tapi, hasilnya, nasi jadi kekuningan," tambah dia kemarin (4/12).

Darmi, warga lain, mengatakan sangat berharap agar PDAM Gresik bisa menyuplai air ke wilayah tersebut. Warga menunggu lama karena sumur mereka juga tidak layak dikonsumsi.

Kasubbag Pemberitaan Manuntun Sianturi yang mewakili Pemkab Gresik menyatakan, sejauh ini belum ada laporan tentang krisis air bersih di sepuluh desa di Kecamatan Sidayu tersebut. "Tentu pemkab akan melakukan langkah antisipatif kalau memang masyarakat benar-benar kesulitan air bersih," kata Sianturi. (wko)



Post Date : 05 Desember 2007