Buanglah Sampah di Tong Berhias...

Sumber:Suara Merdeka - 26 November 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta
AJAKAN membuang sampah pada tempatnya memang harus terus disuarakan. Untuk menjadikan tindakan tersebut lebih menarik, tidak ada salahnya tong tempat membuang sampah dihias dengan lukisan. Imbauan pun berubah, ”Buanglah sampah di tong berhias...”
 
Unit kegiatan mahasiswa (UKM) pecinta alam Shabagiriwana 17 Untag Semarang, belum lama ini menggelar  lomba melukis tong sampah bagi siswa SMA/SMK se-Kota Semarang dengan tema ”Kreasi untuk Lingkungan”. Puluhan tim peserta yang masing-masing terdiri atas dua orang, mengkreasikan tong sampah, melukis, dan menghias dengan cat minyak agar lebih menarik bagi para pembuang sampah. Seperti tim dari SMK 11 Semarang yang mengambil judul ”Hewan dan Hutan”.
 
”Kami melukis tong sampah dari kaleng ini dengan gambar hewan,” jelas Resti Seka Maya (16) dan Krisma Purwa Mahendra (16), tim dari SMK 11 Semarang.
 
Judul tong sampah lukis yang dibuat siswa-siswa beragam, mereka mengekspresikan ide kreatif tanpa ada yang membatasi, termasuk cerita di balik tempat pembuangan akhir itu. Bahkan pemilihan warna cat juga sesuai dengan selera mereka.
 
Daur Ulang
 
Hal itu juga terlihat dari karya tim SMA 13 Semarang. Diesna Nurgita dan Eka Mayangsari mengambil judul ”Daur Ulang Sampah” pada tong kreasinya. Lukisan tersebut bercerita tentang proses pengolahan atau daur ulang sampah mulai dikumpulkan di bank sampah hingga dibuat menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk tanaman.
 
Selain tim SMK 11 dan SMA 13, sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan dua tahunan itu di antaranya, SMK 1, MAN 2, SMK 8, SMA 15, SMA 5, SMA 4, SMA 11, SMA Grafika, SMK Teuku Umar, SMA Unggulan Nurul Islami, SMA Askhabul, dan SMK Perintis 29-01.
 
Ketua Umum Shabagiriwana 17, Bagas Wiratama mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mendorong para pelajar lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.
 
”Sekarang ini isu global warming  melanda bumi kita, maka untuk mewujudkan dan menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apa salahnya kalau tong sampah dihias agar lebih indah,” ungkapnya.
 
Pada akhir acara, pemenang dari lomba lukis tong sampah tersebut di antaranya, juara I tim SMA 5, juara II tim SMK 11, dan juara III tim SMA 13. (Anggun Puspita-69)


Post Date : 28 November 2011